Identitas





Siapa saya?
Apakah gunanya hidup saya ?
Apakah saya benar-benar diakui, dianggap, berguna?
Bisakah saya dikasihi tanpa syarat?
Ini adalah pertanyaan yang diucapkan dari seseorang yang mencari identitasnya.

 Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.Maz 27:10

Perhatikan, Bandingkan kesetiaan manusia dengan kesetiaan Bapa.

Membaca Maz 139, membuatku sangat kagum akan kesetiaan Tuhan, Pekerjaan Tuhan.
1.         TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;
2.         Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.
3.         Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.
4.         Bahkan sebelum aku berbicara, Engkau tahu apa yang hendak kukatakan.
5.         Engkau mengelilingi aku dari segala penjuru, dan Kaulindungi aku dengan kuasa-Mu.
6.         Terlalu dalam bagiku pengetahuan-Mu itu, tidak terjangkau oleh pikiranku.
7.         Ke mana aku dapat pergi agar luput dari kuasa-Mu?
              Ke mana aku dapat lari menjauh dari hadapan-Mu?
8.         Jika aku naik ke langit, Engkau ada di sana, jika aku tidur di alam maut,
di situ pun Engkau ada.
9.         Jika aku terbang lewat ufuk timur atau berdiam di ujung barat yang paling jauh
10.     di sana pun Engkau menolong aku; di sana juga tangan-Mu membimbing aku.
11.     Jika aku minta supaya gelap menyelubungi aku,
              dan terang di sekelilingku menjadi malam,
12.     maka kegelapan itu pun tidak gelap bagi-Mu; malam itu terang seperti siang,
              dan gelap itu seperti terang.
13.     Engkau menciptakan setiap bagian badanku, dan
membentuk aku dalam rahim ibuku.
14.     Aku memuji Engkau sebab aku sangat luar biasa!
Segala perbuatan-Mu ajaib dan mengagumkan, aku benar-benar menyadarinya.
15.     Waktu tulang-tulangku dijadikan, dengan cermat dirangkaikan dalam rahim ibuku,
sedang aku tumbuh di sana secara rahasia, aku tidak tersembunyi bagi-Mu.
16.     Engkau melihat aku waktu aku masih dalam kandungan;
semuanya tercatat di dalam buku-Mu; hari-harinya sudah ditentukan sebelum satu pun mulai.
17.     Betapa sulitnya pikiran-Mu bagiku, ya Allah, dan betapa banyak jumlahnya!
18.     Jika kuhitung, lebih banyak dari pasir; bila aku bangun, masih juga kupikirkan Engkau.

Tidak ada yang tidak diketahui oleh Tuhan, Ia berdaulat. 
Bagi orang yang berlindung kepada Tuhan,
ini membuat kita aman, ini penting bagi kita.
Karena, dimanapun, kapanpun, situasi apapun Tuhan tahu, Ia beserta kita.
  
Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!
Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir.
Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau. (Maz 139:17-18)

Lihat, Seberapa sering dan seriusnya Bapamu memikirkanmu?

Kapan, Bapa memikirkanmu? Baca Efesus 1: 3-8 (BIS)

(3) Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus!
      Ia memberkati kita dengan segala berkat rohani di dalam surga, 
      karena kita bersatu dengan Kristus.
(4) Sebelum dunia ini diciptakan, Allah telah memilih kita 
      melalui Kristus dengan maksud supaya
      kita menjadi milik-Nya yang khusus dan tidak bercacat di hadapan-Nya. 
      Karena kasih Allah,
(5) maka Ia sudah menentukan terlebih dahulu bahwa melalui Yesus Kristus,
      Ia akan mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya sendiri. 
      Dan memang itulah yang ingin dilakukan-Nya.
(6) Terpujilah Allah yang agung, karena melalui Anak-Nya yang tercinta 
      Ia sangat mengasihi kita.
(7) Sebab, oleh kematian Kristus, kita dibebaskan oleh Allah, 
      berarti Ia sudah mengampuni kita dari dosa-dosa kita.
(8) Ia melakukan itu karena Ia sangat mengasihi kita, 
      dan kasih itu dilimpahkan-Nya kepada kita
      dengan penuh kebijaksanaan dan pengertian.

Dari petikan ini, jelaskan identitas Anda dari sudut pandang Bapa mengenai Anda.

Identitas adalah masalah kemauan kita
Kemauan  membuat pilihan untuk menerima apa yang dikatakan Bapa
mengenaimu... untuk menerima rancangan-Nya atasmu. .

Kamu tidak pernah tahu siapa kamu sebenarnya 
sampai kamu memberi dirimu kepada Bapa dan
percaya bahwa kamu adalah siapa yang Tuhan katakan tentang dirimu.

Firman Tuhan adalah KEBENARAN, Berikut adalah sebagian penyataan Tuhan,
untuk melihat semua pernyataan dari Alkitab tentang siapa dirimu yang Tuhan katakan.
  
Apakah kamu memilih untuk mempercayai kebenaran ini?
INDENTITAS ORANG PERCAYA DI DALAM TUHAN:

1. Dikasihi
Dari jauh Aku menampakkan diri-Ku kepada mereka. Hai umat Israel,
sejak dulu Aku selalu mengasihi kamu, dan
untuk seterusnya Aku akan tetap menunjukkan bahwa
Aku selalu mengasihi kamu. (Yer 31:3)
2. Anak Tuhan
Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita,
 sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah.
Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. (1 Yoh 3:1)
3. Diampuni
Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita,
      yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh (1 Pet 2:24)
4. Dibersihkan
Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN—
Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi,
akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba,
 akan menjadi putih seperti bulu domba. (Yes 1: 18)
5. Merdeka
Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita.
Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.(Gal 5:1)
6. Diangkat Menjadi Keluarga Allah
Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi,
tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah.
Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" (Roma 8:15)
7. Dibenarkan
Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita,
supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. (2 Kor 5:21)
8. Ciptaan Baru
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu,
 sesungguhnya yang baru sudah datang. (2 Kor 5: 17)
9. Gak Pernah Sendiri
Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu,
Dia sendiri akan menyertai engkau,
Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau;
janganlah takut dan janganlah patah hati."Ulangan 31: 8
10.Buatan Allah
Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini,
karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa,
yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka. (Efesus 2:10)

Apakah kebenaran-kebenaran tertentu dalam daftar di atas, sulit bagi Anda untuk dipercayai? Mengapa?

Coba renungkan, Tanya Roh Kudus area mana yang teman – teman belum merasa itu benar sebagai Identitasyang dipercayai?

Ingat! Identitas kita adalah letak rasa aman kita, ketika kita setuju dengan desain Bapa tentang kita,
Percaya apa yang dikatakanNya itu Benar.

Apakah Tuhan berbicara kepada Anda saat ini?
Apakah ada ketidakpercayaan yg tersimpan atas kebenaranNya?
Mungkin teman – teman  membutuhkan beberapa saat untuk bertobat dari ketidakpercayaan
dan / atau pemberontakan. Tuhan dapat menginsafkan mu tentang hal-hal ini terkait dengan penolakan mu terhadap kebenaran-Nya.

Pilih untuk percaya bahwa kamu adalah siapa yang Tuhan katakan mengenai kamu.




Komentar

Postingan Populer