What God Had Done Before 30th

 Yeaaaayyyy...... Welcome to 30th Club Hahaha

Gak nyangka bangeeeettt usia udah 30 tahun aja boch, apa yang beda? Gak ada wkwkwk 

Badannya aja yg udah gak sekuat dulu Hahaha... Ketika usia 20 tahun kemana saja, ngapain sj, ayooookkk, masih kuat, skrg, harus hati - hati hahaha, sudah ringkih >,<. Ok dah, tanpa basa - basi, tulisan ini mau aku persembahkan untuk sy sendiri, aku mau ingat semua kebaikan Tuhan yg gak pernah habis - habisnya dalam kehidupan aku, usia 20 tahun hingga 30 tahun :  


What God Had Done Before 30th? 

Aku mau hitung mundur 10 tahun yg sudah Tuhan kerjakan atas hidupku. 

1. Astaga 2011 adalah tahun aku lulus kuliah nih hahaha merantau dan diterima kerja di Jakarta, Ibukota yg kata banyak org seperti ibu tiri bagi perantau, tp puji Tuhan bangeeeeeetttt, Tuhan jagai sy, kasih persekutuan, Tuhan jagai sy dari pergaulan yg salah. Tahun 2011, tahun nyusun Tugas Akhir, tahun dimana laptop sy hilang dicuri haha, tahun pencarian kerja, tp selesai wisuda gak lama langsung bekerja, eh jauh lagi ke Jakarta. Pekerjaan pertama saya di Bank Internasional Indonesia, dulu namanya hahaha klu skrg Maybank dgn gaji pokok Rp 1.500.000,- wkwkwk.... trus terima take home pay sekitar Rp 2an jt - 3 jt-an hahaha... ( Hafal boch, solanya masih simpan slip gajinya hahaha) . 

Teman - teman 1 kost dulu ketika Kuliah 


2. Lanjut 2012 : Di tahun ini usia saya 21 tahun, usia lagi belagunya, lagi bucin - bucin2nya ini wkwkwk, Selama kuliah aku pegang komitmen gak mau pacaran sampai bekerja, setelah bekerja, ada yg kejar noh, tp aku gak sadar blm dewasa dan blm siap pacaran seharusnya, waktu itu, di jemput pake mobil ketjanya, astaga >,< malu bangetttt gue, mau blg ke gio dulu agar tobat hahaha.... (Ibarat bunga lg mekar - mekarnya). Tp di usia ini, sy masih lugu parah, masih polosnya gak ketulungan, percaya aja gitu apa kata org, mudah dibohongi, untung yaa yg ngejar cow yg masih anak gereja, klu bukan, habisss gue. Untukmu yang sedang dikejar cow, ini pesanku, jgn mudah blg iya ketika di jemput dan diantar pdhal masih baru kenal. Nope, jangan mau yaa, meski dia anak gereja kek, anak Tuhan kek, dikenali kek, jangan mau. Ini bs buat emosionalmu gak sehat, belum tentu dia jemput atau antar kamu, pertanda dia suka or he is the one, better diawal2 jgn mau di jemput2 dah. Haha.... 

Di tahun ini, Tuhan percayakan melayani di acara besar  di Retreat Jabodetabek sebagai WL, WL di sektor dan KKRs Jabodetabek, hidupku bs hidup klu sudah melayani, tinggal dalam persekutuan. Prideful-ku masih besar disini, seakan aku bs kendalikan masa depanku, punya rencana ini dan itu, well see what happen ? 

Reatreat Jabodetabek 

Natal Jabodetabek 

KPI Sektor 3



3. Pada tahun 2013 : Karena masih ada prideful yg blm beres, saat itu merasa sudah siap bangun hubungan dengan lawan jenis, berasa sudah waktunya krn sudah bekerja, menurut pandangan sendiri, berasa he is the one, minta tanda2 segala dah,tp karena menurut pandangan sendiri, tetapi Tuhan yg menguji Hati, Tuhan yg menentukan langkah anak2Nya, sy belum selesai dgn diri sy sendiri, sy blm utuh sepenuhnya. 

Pd tahun ini, Tuhan bawa saya ke pekerjaan baru, perusahaan Batubara, tetapi sebelum bangkrut, Tuhan tolong saya di Nop 2013, sy mendapatkan Visa ke Australia selama 1 tahun, Puji Tuhan gak berasa menganggur tanpa pekerjaan karena persiapan ke OZ. 

Jd di 2013 adalah tahun dimana saya pergi ke dua negara, Singapore dan Australia. Ingat sekali, ketika kuliah berlangsung, sy pernah coret2 buku dan tulis beberapa negara asing yg mau di kunjungi, akhirnya Tuhan jwb. Aku bersyukur, Tuhan gak biarkan gio pengangguran, Tuhan izinkan berangkat ke Australia dgn uang sebanyak 200 AUD wkwkwk. Aduh Tuhan, klu diingat semuanya, semua krn kemurahan Tuhan sj #Nangissssssbangeettt

 


4. Pada 2014 : Selama di OZ aku mengalami padang gurung, emosional yg tidak beres yg aku bawa dr Indo, ketidakdewasaan, responku yg masih sering salah dgn konflik dan juga tekanan yg ada, shock culture yg benar2 aku blm siap menghadapinya, aku melewatinya dgn teburu2 dan blm dewasa Hikzzz......Tetapi lagi dan lagi, Tuhannnnnn setiaaaa bangettt, Ia tahu, sebenarnya itu persoalan yg biasa buat gio , gio mampu menanggungnya, aku bertemu dgn org2Nya, ketemu persekutuan, ketemu keluarga baru, punya pengalaman bekerja dan pengalaman hidup org2 yg gak bs gio jabarin disini. Bekerja di OZ dgn double job dan juga mengalami konflik yg besar, oh Man, semua karena kemurhan Tuhan, bs lewati1 tahun di OZ, Tuhan makkasih banyakkkkkk utk setiap air mata yang tertumpah disana, dan setiap keringat yg ada, oneday bakal ajak suami dan anak untuk melihat sejarah disana, tujukin titik2 sejarah di OZ hahaha.


Rottness Island 

Keluarga di Perth 

Classmate di Perth 

5. Disaat 2015 : Tahun terberat dalam hidupku hahaha, aku harus taat akan Tuhan, Tuhan ngomong banyak secara pribadi ketika Tuhan berbicara, lepaskan semuanya, apa yg di dapat, apa yg di punya, lepaskan, mulai sesuatu yg baru bersama Tuhan. Saat itu, aku taat, aku lepaskan dan ikut jalan Tuhan, melepaskan uang yg dipunya semuanya, melepaskan hubungan dan mulai dr Nol, semua rencana A, B , C hancur, benarlah jika ingin bangun sebuah bangunan, harus menghancurkan bangunan yg lama.  Di tahun ini, semua rencanaku, aku serahkan ama Tuhan, aku mengiyakan panggilan Tuhan. Aku mulai melayani anak2 pemuda di kampung, buat KKR Mini di Kampung dgn penghasilan yg ada, untuk renovasi rumah org tua seharusnya biaya nikah hahaha. Aku berada di titik terendah dimana air mata menjadi sahabatku dan aku mempertanyakan banyak hal sama Tuhan. Am I wrong? Tetapi Tuhanlah yg menuntun anakNya ketika sudah blg Ya, ke Tuhan, Tuhan bawa dan hasilnya ada jiwa2 yg dimenangkan. 

Di tahun 2015, aku ketemu dgn persekutuan baru, puzzle baru yg hingga sekarang menjadi gambaran yang indah.  Bisa ketemu dgn HOME, bs ketemu Art and Entertainment Community, bs ketemu dgn anak2 Tuhan di YPDS dan ngajar sekolah minggu. Oh iya, di tahun ini, aku diterima bekerja di perusahaan baru lagi. 

Art and Entertainment 

Perth

6. Tahun 2016: Tahun  pencarian pijakan baru buat sy, sy mencari puzzle yang Tuhan mau, tahun ini tahun pengabdian sy mengajar di HOME, plg dr kerja ke cilincing setiap hari jumat, dulu masih sanggup banget naik motor ke cilincing. Benar - benar gilaaakkkkkk eh, kekuatan yg gio dapat bersumber dari Tuhan. Dan 2016 Sy mendapatkan jawaban dari Tuhan untuk ikut DTS (Dimuridkan dan mengalami Tuhan).

HOME


7. Tahun 2017 : Saya mendapatkan kesempatan ikut DTS di Bali, ini adalah pengalaman spritual yang luar biasaaaaaa banget, dapat izin dr ortu adalah mujizat krn aku meninggalkan pekerjaan dan dikasih cuti khusus 6 bln dr CEO, dan di bayarin school fee, aakhhhh Tuhan baik. Dr DTS, aku bs melihat banyak kuasa Tuhanm, merasakan mujizat Tuhan, menjangkau yg terhilang, mengadakan penjangkauan ke Sumba dan Kamboja. Pengalaman bersama dengan teman - teman manca negara, yang aku sebelumnya blm pernah ketemu namun jadi keluarga. Di tahun ini, aku di remukkan, di tahun ini aku melihat dgn jelas kesombongan yg selama ini aku genggam erat, kesombongan dimana aku pengen atur jalan hidupku sendiri dan hidup semau gue, meski aku udah lahir baru sejak SMP, anak pelayanan tetapi ada area dimana aku blm pulih, blm utuh dan sembuh Huaaaaa.... tahun 2017 adalah tahun pembebasan, tahun dimna Tuhan pelukkkkk sy erat bangeetttt, tahun dimana aku juga merasakan kasih Tuhan yg dalam bangettttt. Dan merasakan kasih karunia Tuhan yg bertubi2 menolong gio, melihat org lain dgn berbeda, mengasihi org lain dgn berbeda, melayani dgn cara berbedam semuanya krn kasih karunia Tuhan. 

Cambodia


Sumba

DTS Families 


8. Tahun 2018 : Melihat abg ikut melakukan DTS di Mojokerto. Aku mengalami transisi dan mencari what the next, dan disini melihat puzzle Tuhan, berikutnya teman2 dr HOME, ikut DTS , seperti mata rantai dan gambar yg indah. 

Champion Young People 


9. Tahun 2019 : Mendapatkan Visi baru dari Tuhan agar berjalan di dalam bussiness with a mission, bersyukur untuk menghadiri YWAM Together di Thailand, melihat hati Tuhan bahwa org2 asia akan ke bangsa - bangsa, dan itu sudah dan sedang tergenapi. Tahun mengambil tindakan iman melanjutkan kuliah lg, sebenarnya pengen kuliah lg itu seharusnya di 2015, salah satu hak yg aku lepaskan adalah melanjutkan kuliah lagi, tetapi karena kemurahan Tuhan, diwaktu yg tak terduga, Tuhan arahkan sy melanjutkan kuliah di UPH di 2019 haha.

Thailand Y Together


10. Tahun 2020 : masa - masa sulit ketika diperhadapkan situasi yg berat kuliah dan bekerja, bertanggung jawab dlm pekerjaan, perkuliaahan dan juga pelayanan. Puji Tuhan, masih di mampukan melewati masa - masa sulit. Tetapi Tuhan tolong gio, terima kasih Tuhan, hingga usia 2021 ini dengan kondisi gaji dipotong sekalipun, Tuhan sediakan, cukupkan, ada tempat tinggal yang layak, makanan yang cukup, melewati 2 tahun kuliah dan menginjakan kaki di usia 30 ini dengan status single, bersyukur Tuhan, aku belajar banyak marrige life dari PIC Bible Reading Group. Aku percaya Tuhan mau bawa aku pd saat yang tepat dan org yg tepat. 

Oh iya setelah broke up gue susah suka sama cow wkwkwk, tp ada dimana Tuhan buka mata saya dan melihat satu cow yg loveable bangeettt, dan Tuhan bicara: Look at that man, he is preparing himself for his future wife. Dan aku melihat proses hidupnya, gileeee benar2 jd kesaksian yg luar biasa. Dari situ aku ambil keputusan utk berubah, mau mempersiapkan diri lebih lagi in and out.

Aku bersyukur banget masih single dan masih diberi kesempatan memperbaiki diri sebelum ketemu "the one", aku mau terus di proses, dijadikanNya menjadi mempelaiNya, dipersiapkanNya. Terpujilah Tuhan. Terima  kasih Tuhan untuk 30 tahun yg luar biasa ini, Tuhan terusn menggoreskan kisah yang indah, terima kasih Tuhan sudah bawa gio melihat kuasaMu, mujizatMU, kebenaranMu dan juga Indentitas yang utuh, kubersyurkur Tuhan. Amen 


Here I am, so enjoy my 20s with Jesus

So, I am so Excited to welcome 30s club

I give a pen to God, I trust God, He will write the amazing story

Amen



 






Komentar

Postingan Populer